Minggu, 17 Oktober 2010

MANFAAT KETAWA

"Yoga Tertawa" merupakan sebuah latihan suku rish kuno di India lebih dari 5,000 tahun yang lalu. Dr. Madan Kataria dari Mumbai, India, memluai "Klub Yoga Tertawa" beberapa tahun lalu, dan kini sudah ada ribuan klub sejenis di seluruh dunia. Para anggota klub berkumpul hanya untuk menikmati cekikikan yang dalam dan memperoleh banyak sekali manfaat dari kegembiraan.

Tertawa Adalah Obat Terbaik
Satu tertawa sehari akan menjauhkan dokter! Tertawa yang bagus sudah lama diketahui amat terapeutik. Selama kita membiarkan tertawa membersihkan dan menembus diri kita, energinya akan menjernihkan, dan membenahi ketidak-seimbangan dan ketidak-harmonisan dalam pikiran dan tubuh kita. Ratusan studi medis telah menunjukkan manfaat besar dari tertawa.

Membantu Diabetes
Murakami membuat para penderita diabetes tertawa ketika lawakan dipertontonkan setelah mendengarkan kuliah yang monoton. Percobaan selama dua hari itu menunjukkan bahwa tingkat glukosa (patokan untuk mengukur perkembangan diabetes) dalam darah para penderita diabetes itu menurun setelah mereka tertawa-- setelah dibandingkan dengan saat mereka mendengarkan kuliah yang membosankan. Ia mengidentifikasi 23 gen yang teraktivasi oleh tertawa. 18 diantaranya mengontrol respon imun dan transmisi sinyal sel.


Mengurangi Berat Badan
Tertawa mengurangi lipatan-lipatan. Tertawa 10 menit sehari membakar 40 kalori.


Mengurangi Stres
Kortisol adalah zat kimia yang diproduksi dalam tubuh ketika kita sedang stres, sedih atau frustasi. Menaikkan level kortisol dalam aliran darah memiliki efek menekan fungsi sistem imun. Tertawa merendahkan level kortisol dalam tubuh, dengan melindungi sistem imun kita dari efek negatif dari stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar